Variabel berguna saat Anda perlu menyimpan informasi yang dapat diubah saat program berjalan.
Jika nilainya tidak boleh berubah selama runtime program, Anda dapat menggunakan jenis variabel yang disebut konstanta. Konstanta, yang juga disebut variabel konstanta, adalah variabel dengan nilai yang tidak pernah berubah. Ini mungkin tampak seperti sebuah oxymoron, mengingat arti kata "variabel".
Konstanta berguna dalam menentukan nilai bersama untuk penggunaan semua metode objek. Di Java, Anda dapat membuat konstanta untuk semua jenis variabel: instance, class, dan lokal. Untuk mendeklarasikan konstanta, gunakan kata kunci final sebelum deklarasi variabel dan sertakan nilai awal untuk variabel tersebut, seperti berikut ini:
final float PI = 3.141592;
final boolean DEBUG = false;
final int PENALTY = 25;
Dalam pernyataan sebelumnya, nama konstanta dikapitalisasi: PI, DEBUG, dan HUKUMAN. Ini adalah konvensi yang diadopsi oleh banyak pemrogram Java yang menjelaskan bahwa Anda menggunakan konstanta, bukan variabel.
Konstanta dapat berguna untuk memberi nama berbagai status objek dan kemudian menguji status tersebut. Misalkan Anda memiliki program yang mengambil input arah dari keypad numerik pada keyboard—tekan 8 untuk naik, 4 untuk kiri, dan seterusnya. Anda dapat menentukan nilai tersebut sebagai bilangan bulat konstan:
final int LEFT = 4;
final int RIGHT = 6;
final int UP = 8;
final int DOWN = 2;
Konstanta sering membuat program lebih mudah dipahami. Untuk mengilustrasikan poin ini, pertimbangkan mana dari dua pernyataan berikut yang lebih informatif mengenai fungsinya:
guide.direction = 4;
guide.direction = LEFT;
Proyek pertama hari ini adalah aplikasi Java yang membuat beberapa variabel, memberikannya nilai awal, dan menampilkan dua di antaranya sebagai output.
public class Variables {
public static void main(String[] arguments) {
final char UP = ‘U’;
byte initialLevel = 12;
short location = 13250;
int score = 3500100;
boolean newGame = true;
System.out.println(“Level: “ + initialLevel);
System.out.println(“Up: “ + UP);
}
}
Kompilasi aplikasi ini dan jalankan file kelas Variables.class. Program ini menghasilkan
keluaran berikut:
Level: 12
Up: U
Kelas ini menggunakan empat variabel lokal dan satu konstanta, memanfaatkan System.out.
println() pada baris 10–11 untuk menghasilkan keluaran.
System.out.println() adalah metode yang dipanggil untuk menampilkan string dan informasi lainnya ke
perangkat output standar, yang biasanya adalah layar.
System.out.println() mengambil argumen tunggal di dalam tanda kurung: sebuah string. Untuk menyajikan
lebih dari satu variabel atau literal sebagai argumen untuk println(), Anda dapat menggunakan tanda “+”
operator untuk menggabungkan elemen-elemen ini menjadi satu string, yang akan dijelaskan nanti
hari ini.
Ada juga metode System.out.print() , yang menampilkan string tanpa penghentian
dengan karakter baris baru. Anda dapat memanggil print() alih-alih println() untuk menampilkan beberapa
string pada baris yang sama.